Unisba

International Office Karir | Sisfo | Halo Alumni !

KOMHUMAS-Dalam rangka diseminasi atau penyebarluasan hasil penelitian mahasiswa S1 dari Skripsi atau Tugas Akhir (TA) dari seluruh fakultas, Unisba kembali menggelar Seminar Penelitian Sivitas Akademika (SPeSIA) 2022 Gelombang II yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting, Rabu (10/8/2022).

Ketua pelaksana SPeSIA 2022 Gelombang II, Ahmad Arif Nurrahman, ST., MT., mengatakan, SPeSIA merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Unisba setiap semester dengan desiminasi hasil penelitian yang mewajibkan para peserta mengirimkan video presentasi.

Arif menuturkan, jumlah artikel ilmiah pada SPeSIA kali ini sebanyak 1.202. Menurutnya, lima artikel terbaik SPeSIA setiap fakultas atau program studi akan dipublikasikan di Jurnal Riset.

“Artikel Ilmiah Spesia akan dipublikasikan di Prosiding Nasional, sesuai bidang keilmuan. Semakin banyak karya ilmiah online dalam bentuk prosiding dan jurnal, maka akan mendukung pemeringkatan Sinta Dikti dan memudahkan sitasi,” ujarnya.

Arif menambahkan, dua Artikel Ilmiah terbaik setiap fakultas juga akan didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual – Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Dikatakannya, dalam memudahkan pengaksesan oleh semua pihak dan sebagai portofolio online hasil karya penelitian mahasiswa, video presentasi SPeSIA telah diupload di media sosial Youtube dan Instagram Unisba. “Dengan semakin banyak karya online Unisba, maka akan mendukung pemeringkatan secara Lembaga atau institusi.”ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., mengatakan, kegiatan ini tidak hanya melihat keterampilan peserta saja dalam berbicara dan menyampaikan pikiran gagasan, tapi juga menunjukkan sebagai intelektual yang akan menjadi sarjana.

Disamping itu Rektor menambahkan, keikutsertaan ini bukan hanya sekedar memenuhi kewajiban saja sebagai peserta SPeSia, akan tetapi menjadi miniatur dalam berkhidmat di masyarakat di masa yang akan datang.
“Silahkan aktualisasikan diri di forum ini dalam rangka mendidik saudara. Ini forum terakhir sebelum dilantik menjadi sarjana dan akan menentukan kehidupan saudara sendiri,” ungkapnya.

Rektor pun mendorong kepada para peserta untuk terus meningkatkan nalar, minat dan bakat yang merupakan program Unisba.

SPeSIA kali ini menghadirkan keynote speaker sebagai narasumber yakni Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba, Prof. Dr. Muhardi, S.E., M.Si., yang membawakan tema ‘Peran dan Tantangan Generasi Z dan Millenial dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi’.

Sama seperti tahun sebelumnya, SPeSIA kali ini juga dipilih 10 pemakalah terbaik “The Best Presentation” dari masing-masing fakultas / program studi. Di samping itu, penghargaan juga diberikan kepada Best of The Best Presentation yang diraih oleh Nurrhisma Yuniar dari Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah & Kota Fakultas Teknik Unisba dengan dengan nilai 960 serta judul artikel ”Pengukuran Motivasi Masyarakat Terhadap Keberlangsungan Ekologi di Desa Wisata Rawabogo Berbasis Neurosains”.***



Translate »