Unisba

International Office | Karir | Login Sisfo

Hukum laut internasional dewasa ini sangat relevan dengan kepentingan nasional negara-negara di dunia, khususnya Indonesia. Buku ini berupaya membahas rezim-rezim hukum laut internasional yang bersumber dari Konvensi Hukum Laut 1982 dan instrumen-instrumen internasional lainnya serta permasalahan-permasalahan hukum dalam implementasinya di Indonesia. Buku ini juga mengulas secara singkat mengenai sumbangan Indonesia dalam melahirkan berbagai konsepsi hukum laut internasional, khususnya konsepsi negara kepulauan yang termuat dalam Konvensi Hukum Laut 1982, dan berbagai perjanjian internasional di bidang lingkungan laut regional Asia Tenggara. Dengan membaca buku ini, pembaca tidak hanya diperkenalkan dengan sejumlah isu penting dalam hukum laut internasional, tetapi juga praktiknya dalam berbagai peraturan perundang-undangan Indonesia dan perjanjian-perjanjian bilateral antara Indonesia dan negara-negara tetangga. Oleh karena itu keseluruhan materi yang terangkum dalam karya tulis ini layak untuk dibaca, baik oleh para praktisi dan pemerhati hukum laut, akademisi (dosen dan mahasiswa), maupun penegak hukum, birokrat, serta masyarakat luas yang meminati kajian hukum laut internasional.

Dikdik Mohamad Sodik, Lahir di Bandung, 28 September 1958. Menyelesaikan studi hukum internasional pada Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung tahun 1984, kemudian sejak Maret 1985 memulai kariernya sebagai Dosen PNS Kopertis Wilayah IV dipekerjakan pada Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung (UNISBA), mengajar mata kuliah Hukum Internasional Publik, Hukum Laut Internasional, Hukum Perjanjian Internasional, dan Hukum Penyelesaian Sengketa Internasional. Penulis menempuh pendidikan Program Magister Studi Ilmu Hukum BKU Hukum Internasional di Universitas Padjadjaran, lulus tahun 1994. Ketertarikan penulis pada ilmu hukum laut internasional demikian besar, sehingga pada tahun 1991 menyempatkan diri untuk mengikuti The Training Programme on Management of the Exclusive Economic Zone yang diselenggrakan oleh International OceanInstitute Malta.

Kemudian penulis mengikuti The Short Training Programme on Law of the Sea and Maritime law Enforcement yang diselenggarakan oleh Centre for Maritime Policy, Fakultas Hukum, Universitas Wollongong, New South Wales, Australia pada tahun 2002. Pemegang gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) di bidang Hukum Perikanan Internasional dari Fakultas Hukum Universitas Wollongong New South Wales Australia tahun 2007 ini, telah mempublikasikan buku dan banyak karya ilmiah berupa artikel mengenai hukum internasional dan hukum laut internasional di pelbagai jurnal akademik. Selama kurun waktu 2008 dan 2009, penulis berhasil mempublikasikan empat artikel hukum laut internasional mengenai masalah Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing pada empat Jurnal Internasional yang bereputasi, yaitu Australian International law Journal Volume 15; The International Journal of Marine and Coastal Law Volume 24.1; Ocean Development and International Law Volume 40.3; dan Ocean Yearb0ook Volume 23. Selanjutnya pada tahun 2012, penulis mempublikasikan artikel-artikel di Asian Yearbook of International Law Vol 15, dan Ocean Development and International law Volume 43.4. Sejak tanggal 1 September 2013, penulis diangkat menjadi Guru Besar Utama di Fakultas Hukum UNISBA (diambil dari sampul belakang buku “Hukum Laut Internasional dan Pengatrurannya di Indonesia” karya Prof. Dikdik Mohamad Sodik, SH. MH., Ph.D)

Hukum Laut Internasional
Judul buku : Hukum laut internasional dan pengaturannya di Indonesia (edisi revisi)
Penulis : Prof. Dikdik M. Sodik, SH., MH., Ph.D
Kota terbit : Bandung
Penerbit : Refika Aditama
Tahun : 2014
ISBN : 978-602-7948-43-3
Jumlah halaman: xiv, 330 hlm.



Tinggalkan Balasan

Translate »