Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Bank Indonesia Gandeng Unisba Salurkan Beasiswa

Bank Indonesia Gandeng Unisba Salurkan Beasiswa

 

 

KOMINPRO – Setelah sukses menggandeng 89 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia dalam program pemberiaan beasiswa, Bank Indonesia (BI) kembali menjalin kerja sama dengan salah satu unversitas unggul di Jawa Barat yakni Universitas Islam Bandung (Unisba). BI membuka kesempatan bagi 50 orang mahasiswa Unisba untuk mendapatkan beasiswa melalui program Generasi Baru Indonesia (GenBi) . Unisba merupakan Unversitas swasta kedua di Jawa Barat yang digandeng BI dalam program kerja sama tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Doni P Joewono mengatakan, pemberian beasiswa oleh BI dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari akreditasi perguruan tinggi, sarana yang dimiliki, hingga prestasi mahasiswanya. Dia menilai Unisba telah memenuhi standar tersebut karena mampu meraih peringkat sebagai 44 Perguruan Tinggi (PT) terbaik dari 2.141 PT di Indonesia.

“Tahun ini ada swasta yang kita anggap punya potensi untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yaitu Unisba dan Ikopin.  Kami merasa punya tanggung jawab dan dedikasi untuk membangun negeri. Maka dari itu, saya berharap para penerima beasiswa bisa menjadi SDM yang kompetitif dan siap memasuki dunia kerja,” ujarnya saat ditemui seusai penandatanganan Mou di Aula Utama Unisba, Rabu (18/9).

Tak hanya beasiswa, mereka yang tergabung dalam GenBI juga akan mendapatkan berbagai pelatihan dan kegiatan untuk meningkatkan softskill mahasiswa. Doni menjelaskan, program beasiswa ini tidak terbatas pada pembiayaan kuliah saja. Para mahasiswa penerima beasiswa juga diwadahi oleh komunitas untuk diberikan berbagai pelatihan guna meningkatkan kompetensi individu, serta mengembangkan karakter dan jiwa leadership.

“Di Genbi itu selain diberikan beasiswa, mahasiswa juga diberikan full pelatihan. Jadi ketika kami ada event mereka akan dipercaya jadi Liaison officer (LO) acara. Ini adalah kesempatan langka karena yang tidak bisa didapatkan di mana saja. Beasiswa ini akan membuka kesempatan bagai mahasiswa untuk berinteraksi dengan banyak orang dari berebagai bidang ” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH., mengatakan pendatanganan MoU dengan BI merupakan momentum yang menggembirakan.. Prof. Edi berharap, kedepannya Unisba dan BI dapat menjalin kerja sama di berbagai bidang yang berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Insya Allah ke depan  kami harapkan Unisba dan BI dapat bekerja sama dalam berbagai aspek. Saat ini, BI memberi beasiswa kepada mahasiswa, selanjutnya kami berharap bisa merencanakan join research atau melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan tenaga ahli yang ada di Unisba agar implementasi tridharma perguruan tinggi dapat dilaksanakan secara konkrit, ujarnya. (Feari)