Unisba

International Office | Karir | Login Sisfo

KOMHUMAS-Unisba bekerja sama dengan INTI International University & Colleges Malaysia menggelar International Webinar : “Artificial Intelligence” secara hybrid di Kampus FMIPA Unisba, Rabu (18/5/2022).

Webinar ini menghadirkan dua orang pembicara yakni Head of Centre of Emerging Technologies in Computing INTI International University & Colleges Malaysia, Dr. Deshinta Arrova Dewi dan Departments of Mathematics Unisba, Erwin Harahap, S.Si., M.Sc., serta dimoderatori oleh Director of ALTEC Indonesia & Departments of Pharmacy Unisba, Budi PrabowoSoewondo, S.Si., M.Sc.

Deshinta memaparkan mengenai Artificial Intelligence : Technology & Practical Implementation. Ia mengatakan, Artificial Intelligence merupakan sebuah sistem komputer yang bisa meniru cara berpikir manusia dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan yang kompleks.

Ia menerangkan, Artificial Intelligence terlihat pandai karena memiliki tiga kemampuan belajar  yaitu generalized learning, reasoning dan problem solver. Kemampuan belajarnya tersebut  datang dari manusia dalam bentuk algoritma.

“Dengan kemampuan tersebut maka produk Artificial Intelligence mampu beradaptasi karena dapat membaca situasi dan lainnya, memiliki reasoning jika memilih sesuai dengannya dan mengetahui alasan dalam memilih pathway, serta bisa memberikan solusi. Kemampuan tersebut dimasukan ke dalam mesin sehingga mesin tersebut seolah-olah pintar,” ungkapnya.

Sementara itu, Erwin memaparkan mengenai What is Machine Learning and why is important? Ia menuturkan, Machine Learning sangat penting karena saat ini  sudah masanya Artificial Intelligence dan membantu meringankan pekerjaan.

“Dalam sains, Machine Learning merupakan masa depan pembelajaran mesin dan berdampak pada kehidupan sehari-hari yang berisi perintah atau instruksi dalam memberikan kategori,” kata Erwin.***



Translate »