Unisba

International Office | Karir | Login Sisfo

Humas – Himpunan Mahasiswa Public Relations Fakultas Ilmu Komunikasi (Hima PR) Unisba menyelenggarakan acara bertajuk “Welcoming Day Public Relations 2015”. Acara yang ditujukan untuk menyambut mahasiswa Public Relations angkatan 2014 ini diselenggarakan Pada Senin (12/10) di Aula Utama Unisba, Jalan Tamansari No. 1.

Dalam acara ini hadir empat orang alumni Public Relations Unisba, yaitu DJ Arie (Founder DJArie Public Speaking and Broadcasting School), Echie Panda (News Anchor dan Reporter Net Jabar), Dina Novia Faisal (Public Relations Ibis Hotel Bandung), dan Devi Handayani (3rd Sunsilk Hijab Hunt 2015). Para alumni tersebut menjelaskan pengalamannya selama kuliah di Public Relations hingga sukses bergelut di bidangnya masing-masing.

Menurut Echie Panda lulusan PR angkatan 2009 yang bekerja sebagai News Anchor di Net TV, lulusan PR harus siap bekerja sebagai apapun. “Tidak selamanya lulusan PR bekerja menjadi PR”, kata Echie.

“Saya lulusan PR yang bekerja di media, Saya harus bisa membuat naskah berita dan juga liputan yang notabene dipelajari oleh teman-teman Jurnalistik”, ujarnya.

Berbeda dengan Echie, Dina yang kini bekerja sebagai Public Relations di Ibis Hotel Bandung menceritakan pengalamannya bekerja di Hotel. “Di bidang perhotelan harus siap 24 jam, harus bisa jadi MC, mengerti tentang fotografi, mengkonsepkan company profile dan yang paling berat adalah menangani komplain. Kita harus membuat counter release, dan counter release tersebut harus bijak, tidak menyudutkan salah satu pihak dan kalau sudah parah kita harus mengadakan press conference dan itu termasuk pada PR handling”, ungkap Dina lulusan PR 2008.

Dina menambahkan bahwa, menjadi mahasiswa itu harus dapat membagi waktu dengan baik karena mahasiswa tidak sekadar urusan akademik, namun aktif berorganisasi dan menambah teman juga penting dilakukan. Seorang mahasiswa harus tahu apa yang menjadi prioritas mereka.

Senada dengan Dina, Devi Handayani lulusan PR angkatan 2011 yang menjadi Juara Ketiga Sunsilk Hijab Hunt mengatakan pentingnya memanfaatkan waktu kuliah untuk mencari banyak teman, rajin dan memiliki target berguna untuk kehidupan setelah lulus.

Menutup acara tersebut, DJ Arie menyampaikan, “kita tidak pernah tahu takdir kita. Apakah orang yang membiayai kuliah kita akan sehat sampai kita lulus nanti atau tidak. Maka dari itu you have to earn your own living, kita harus mempersiapkan kehidupan kita sendiri secara mandiri” ungkapnya.(Fuad/Putri)



Tinggalkan Balasan

Translate »