Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  475 Mahasiswa Unisba Ikuti Pesantren Calon Sarjana Secara Online

475 Mahasiswa Unisba Ikuti Pesantren Calon Sarjana Secara Online

KOMINPRO – Sebanyak 475 mahasiswa Universitas Islam Bandung (Unisba) mengikuti kegiatan Pesantren Calon Sarjana & Bimbingan Karir secara online. Kegiatan pesantren tersebut menjadi agenda rutin yang wajib diikuti seluruh mahasiswa Unisba sebelum menyelesaikan masa studinya. Pesantren Calon Sarjana Gelombang 2 Tahun Akademik 2020/2021 ini berlangsung dari tanggal 30 November sampai 2 Desember 2020.

Ketua Lembaga Studi Islam dan Pengembangan Kepribadian (LSIPK) Unisba, Dr. H. M. Wildan Yahya, Drs., M.Pd., mengatakan, kegiatan pesantren merupakan ciri khas dan budaya yang melekat dengan Unisba sehingga tidak boleh dihilangkan. Menurutnya, meskipun saat ini dunia sedang dilanda pandemik COVID-19, kegiatan pesantren tetap harus dilaksanakan guna memberikan bekal wawasan keislaman bagi calon sarjana sebelum terjun ke masyarakat.

Pak Wildan menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai islam bagi para lulusan Unisba. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebut, mahasiswa Unisba akan mampu memecahkan berbagai permasalahan umat dengan tangkas, serta  dapat menjadi imam dan khatib saat terjun ke masyarakat.

“Dalam kegiatan pesantren, Unisba berupaya mengembleng mahasiswa agar menjadi lulusan yang memiliki karakter mujahid, mujtahid, dan mujaddid. Kami berharap, mereka akan mampu menjadi intelektual yang ulama dan ulama yang intelektual, serta menjadi ragi bagi lingkungannya,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH, mengatakan, di tengah suasana pandemik COVID-19 yang masih relatif tinggi, Unisba akan tetap berkomitmen untuk melaksanakan berbagai kegiatan sesuai dengan kalender akademik. Menurutnya, kegitan pesantren bukan sekedar agenda wajib yang dilalui mahasiswa untuk memenuhi persyaratan mendaftar sidang, tapi juga sebagai pembulat dalam mengemban studi di Unisba.

“Saudara sudah menyelesaikan teori-teori di berbagai prodi dan fakultas yang saudara ikuti, kegiatan inilah yang menjadi pembulat sebagai lulusan Unisba dengan spirit 3 M. Saya katakan ini sebagai pembulat karena apa yang saudara pelajari dalam kegiatan pesantren akan mampu menjadikan saudara paripurna dalam bidang keilmuan yang digeluti serta ilmu agama. Hal tersebut sangat sesuai dengan tujuan pendirian Unisba yaitu menghasilkan lulusan yang tafaqquh fiddin.

Kegiatan Pesantren Calon Sarjana Gelombang 2 Tahun Akademik 2020/2021 diikuti 475 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi 99 orang, Syariah (16), Teknik (19), MIPA (26), Ekonomi dan Bisnis sebanyak (125), Psikologi (6), Hukum (53), Dakwah (31), Tarbiyah (129), dan Fakultas Kedokteran 1 orang. Selama tiga hari melaksanakan kegiatan pesantren secara online, para peserta mendapat berbagai materi dari narasumber yang meliputi Materi Aktualisasi Ruhudin bagi Alumni , Memantapkan Aqidah , Placement Test Baca Tulis Al-Qur’an, Entrepreneurship ala Rasulullah, Program Studi Lanjut Melalui Optimalisasi Kerja Sama Unisba, Persiapan Menuju Dunia Kerja, Kiat Membuat Surat Lamaran (CV dan Wawancara), Kiat Menjadi Imam dan Khatib/ Penceramah, Kepemimpinan dalam Islam, Bimbingan Muslimah, Bagaimana Mengurus Jenazah Sesuai dengan Sunnah Rasul, Menangkap Peluang di Dunia Kerja, Fenomena Dunia Kerja Saat Ini, Praktek Menjadi Imam dan Khatib/ Penceramah 1, Praktek Menjadi Imam dan Khatib/ Penceramah 2, Motivasi “Meraih Hari Esok yang Lebih Baik”, Menggapai Hidup Bahagia, Parade Ceramah, , Taffaqueh Fiddin 1, Taffaquh Fiddin 2. (Feari)

Translate »