Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  35 Tahun Fikom Unisba Menjadi Fakultas Unggul

35 Tahun Fikom Unisba Menjadi Fakultas Unggul

Para dosen Fikom Unisba berprestasi (Dr.Ike Junita Triwardhani., M.Si, Dr. Tresna Wiwitan., M.Si, dan Dr. Dedeh Fardiah., M.Si )  menerima penghargaan yang diserahkan Rektor Unisba

Para penerima penghargaan dari Fikom Unisba (Pikiran Rakyat, SMA BPI 1 Bandung, SMAN 25 Bandung dan SMAN 22 Bandung

KOMINPRO-Menapaki usia yang ke 35 tahun, Fikom Unisba kini mampu bersanding sejajar dan bersaing dengan Fakultas Ilmu Komunikasi lainnya. Berbagai kerja sama telah dijalin Fikom Unsiba, baik di dalam level nasional maupun internasional, guna pengembangan potensi bagi pembangunan nasional, khususnya kemajuan Universitas Islam Bandung.

Demikian disampaikan Dekan Fikom Unisba, Dr. Septiawan Santana, S.Sos., M.Si saat memberikan sambutan dalam peringatan Milad Fikom Unisba ke-35 di Aula Utama Unisba, Senin (16/07). Dekan mengatakan, segala capaian dan prestasi yang diraih Fikom Unisba merupakan hasil kerja bersama, dari seluruh sivitas Fikom Unisba dan dukungan sivitas Universitas Islam Bandung, mulai dari Rektor, Para Wakil Rektor, dan para pimpinan fakultas di Unisba beserta jajarannya

Lebih lanjut dia menambahkan, pada tahun akademik 2017-2018, tercatat tiga puluh tiga (33) penelitian dosen Fikom Unisba mendapat hibah Dikti, delapan belas (18) penelitian lolos seleksi LPPM Unisba, dan duapuluh delapan (28) penelitian mandiri dilakukan. Torehan prestasi juga didapatkan mahasiswa Fikom Unisba, baik dalam skala nasional maupun internasional.

“Berbagai juara diraih mahasiswa dalam kompetisi-kompetisi seperti Immersion Project, Appreciation and Tribute (IMPACT) yang diselenggarakan School of Communication University Sains Malaysia, dalam bidang Public Speaking, penulisan Feature, dan Fotografi; atau Kejuaraan Nasional Karate Piala Mendagri tahun 2018 di tingkat Nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi. SH., MH mengatakan, semua fakultas yang ada di Unisba mempunyai kedudukan yang sama dan penting, akan tetapi perlu diakui jika kini Fakultas  Komunikasi dan Fakultas Kedokteran menjadi Fakultas yang diunggulkan. Pencapaian Fikom, lanjut Rektor, baik dosen, fakultas, maupun mahasiswanya menunjukkan bahwa sesuatu yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang maksimal.

“Keluarkan seluruh potensi dosen dan mahasiswa sehingga Fikom tetap pada menjadi pilihan utama calon mahasiswa dan orang tua akan senantiasa mengidamkan putra putirnya menjadi lulusan Fikom Unisba dengan tetap mempertahankan spirit 3 M,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Milad sekaligus dosen Fikom Unisba, Dr. Tresna Wiwitan., M.Si, mengatakan, rangkaian kegiatan Milad tahun ini mengusung tema  Digital Branding in The Post Truth Era. “Seperti apa yang diamanatkan Bapak Rektor bahwa kemegahan akademik harus ditonjolkan maka kami mengambil tema tersebut,” jelasnya.

Pada prosesi Milad ini, Fikom Unisba memberikan beberapa penghargaan kepada dosen, mahasiswa, civitas akademika, media, dan sekolah yang dinilai berprestasi dan memiliki kontribusi terhadap kemajuan Fikom Unisba. Terdapat 7 kategori dengan total 14 orang penerima penghargaan antara lain; (1) Media bersejarah di Jawa Barat dan berkontribusi terhadap publikasi Fikom Unisba yaitu Pikiran Rakyat; (2) SMA dengan kontribusi jumlah siswa terbanyak yang menjadi mahasiswa Fikom Unisba yaitu SMA BPI 1 Bandung, SMAN 25 Bandung, SMAN 22 Bandung; (3) Mahasiswa berprestasi dari tiga bidang kajian yakni Dinda Ayu (Manajeman    Komunikasi), Lala Nurfitria (Public Relations), Salsabila Putri (Jurnalistik), (4) Dosen berprestasi dari tiga bidang kajian yakni Dr.Ike Junita Triwardhani., M.Si (Manajeman Komunikasi), Dr. Tresnawiwitan., M.Si, Dr. Dedeh Fardiah., M.Si (Jurnalistik), (5) Tenaga Kependidikan dengan loyalitas dan yaitu Bapak Ihin dan Ibu Sri; (6) Laboran dengan loyalitas terbaik yaitu Annisa Nurfikasari S.Ikom; (7) Live achievement bagi karyawan yang akan memasuki masa purna bakti jatuh kepada Ibu Euis. (Feari/Sari)