Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  Rektor Lantik 3.067 Mahasiswa Baru

Rektor Lantik 3.067 Mahasiswa Baru

KOMINPRO-Sebanyak 3.067 mahasiswa baru Unisba T.A. 2019/2020 mengikuti Prosesi Pelantikan Mahasiswa Baru T.A. 2019/2020 di Aula Unisba, Senin (02/09). Pelantikan dilakukan oleh Rektor Unisba, Prof. Dr. Edi Setiadi, S.H., M.H. dihadapan jajaran senat Unisba serta pimpinan baik ditingkat yayasan maupun universitas.

Rektor mengatakan, sebagai perguruan tinggi yang terkemuka, tiga pilar Unisba 3M (mujahidmujtahid dan mujaddid) akan menjadi bekal dan melekat pada mahasiswa baru dalam menjalani perkuliahan hingga menjadi sarjana yang berjiwa 3M.

Dikatakan Rektor, berbagai sarana yang dimiliki Unisba dalam pengembangan nalar, minat dan bakat untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai langkah dalam meningkatkan kompetensi dibangku kuliah.

Diera milenial saat ini dengan kemajuan teknologi, lanjut Rektor, tentu yang dihadapi mahasiswa bukan perkara ringan, salah satunya lapangan pekerjaan yang semakin sempit. Untuk itu, sikap bermalas-malasan harus dibuang jauh-jauh sebagai ikhtiar dalam menghadapi tantangan hidup yang lebih berat.

Selain itu, selama berjuang dibangku kuliah, untuk selalu mengimbangi antara doa dan ikhtiar. “Doa adalah senjata bagi orang mukmin. Berdoalah waqurrobbi zidni ilman (ya Tuhanku tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan),” jelas Rektor.

Lebih jauh, Rektor mendorong mahasiswa baru untuk menjadi manusia pembelajar (long life learner) yang mampu memecahkan masalah, mampu beradaptasi, mampu berkolaborasi, berjiwa kepemimpinan, kreatif serta inovatif.

Rektor menegaskan, mahasiswa harus mematuhi dan mentaati peraturan yang berlaku di Unisba seperti tidak merokok di area kampus, berpakaian sesuai syariat dan mengedepankan pergaulan antara mahasiswa dan dosen yang Islami. Jika melanggar, ada sanksi yang mengandung konsekuensi yuridis dalam bentuk teguran,skorsing sampai dihentikannya status menjadi mahasiswa Unisba.

Rektor berpesan, untuk selalu mengingat jasa dan kebaikan orang tua yang telah berjuang dengan keras dan tanpa lelah mencari nafkah untuk membiayai kuliah. “Ingatlah bahwa tugas saudara adalah mengikuti perkuliahan dengan baik dan menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu. Inilah barangkali yang dapat membahagiakan orang tua disamping kebahagiaan lainnya,” pungkas Rektor.

Jumlah Mahasiswa baru Unisba T.A. 2019/2020 yang dilantik sebanyak 3.067 orang terdiri dari Hukum Keluarga Islam (67), Hukum Ekonomi Syariah (130), Komunikasi Penyiaran Islam (117),  Pendidikan Agama Islam (221), PG-PAUD (46), Ilmu Hukum (262), Psikologi (225),  Statistika (148), Matematika (52), Farmasi (183), Teknik Pertambangan (115), Teknik Industri (121), Teknik Planologi (143), Ilmu Komunikasi  (384), Akuntansi (193), Ilmu Ekonomi (150), Manajemen (315) dan Kedokteran (195).

Kegiatan Taaruf ini akan berlangsung selama empat hari, pada senin s.d. kamis (2 s.d. 5/9) dan diisi dengan pemaparan materi dari Rektor, Warek I, Warek II, Warek III, Ketua Badan Pengurus Unisba, serta Pengenalan Lembaga Kemahasiswaan oleh BEM, DAMU dan  LKM (8).  Pada kesempatan ini, Ari Ardianto (DJ Arie) turut  hadir dan memberikan materi “Membentuk Karakter 3M dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” kepada mahasiswa baru Unisba.

Selain itu, mahasiswa  baru akan mengikuti Pelatihan Pengenalan Pribadi Mu’min, Muslim dan Mukhsin (P3M) selama dua hari, rabu s.d. kamis (4 s.d. 5/09). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan taaruf mahasiswa baru Unisba dalam membentuk softskill pengenalan pribadi mahasiswa baru dengan fasilitator mahasiswa Unisba yang telah diberi pelatihan oleh Bagian Kemahasiswaan Unisba.***