Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  1359 Lulusan Unisba dilantik pada Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2018/2019

1359 Lulusan Unisba dilantik pada Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2018/2019

 

KOMINPRO – Sebanyak 1.359 orang sarjana, magister, dan doktor dilantik Rektor Universitas Islam Bandung Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH. di Aula Utama Unisba, Sabtu

dan Minggu (24-25/08). Pelantikan Sarjana dilakukan tiga sesi. Dua sesi dilaksanakan pada hari Sabtu, yakni Pukul 07.30 – 11.00 WIB dilantik lulusan Fakultas Syariah, Dakwah, Tarbiyah dan Keguruan, Hukum, dan Pascasarjana. Kemudian siang hari,  pukul 13.00 – 15.30 WIB dilangsungkan pelantikan lulusan Fakultas Psikologi, Kedokteran, dan Ilmu Komunikasi. Sementara pada Minggu berlangsung pelantikan Pukul 07.30 – 11.00 WIB untuk lulusan Mipa, Teknik, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Rektor Unisba Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., mengatakan, Unisba saat ini telah mencapai puncak yang tinggi. Hal ini juga dilansir dalam rilis Kemenristekdikti tanggal 16 Agustus 2019 yang menyebutkan bahwa Unisba berada pada ranking 44 tingkat nasional  dan masuk peringkat 15 perguruan tinggi swasta terbaik dari seluruh Indonesia.  Unisba juga berada pada peringkat ketiga PTS se-Jawa Barat dan Banten.

Alhamdulillah Unisba berada pada peringkat 44 secara Nasional karena tahun lalu kita berada di peringkat 71. Unisba juga berada pada posisi 10 besar Universitas dari 31 universitas yang sudah terakreditasi Internasional. Oleh karena itu mari kita jaga dan terus kembangkan keberadaan Unisba sehingga dapat membanggakan masyarakat,”ujarnya.

Prof. Edi mengatakan, betapa banyak kenikmatan yang telah Allah SWT berikan. Kepada para lulusan Rektor berpesan untuk senantiasa selalu bersyukur atas berbagai kenikmatan yang telah diperoleh sebagaimana tercantum dalam Surat Ibrahim ayat tujuh yang berbunyi: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, dunia industri kini telah memasuki era revolusi 4.0, dimana berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan sistem robotisasi. Di era disrupsi teknologi, dunia industri akan mulai meminimalisir Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga peluang-peluang pekerjaan yang sebelumnya ada akan hilang.

Namun, rektor meyakini jika karakterisik mujahid, mujtahid dan mujaddid dihayati dengan baik oleh lulusan Unisba, maka apapun tantangan yang dihadapi alumni tidak akan menjadi masalah. Menurutnya alumni Unisba akan tampil menggenggam kemajuan dunia dengan kompetensi dan akhlak baik yang dimiliki.

Selain itu, Rektor berpesan agar para wisudawan dapat memperlakukan kedua orang tua dengan baik atas jasa yang telah diberikan terutama kepada ibu. “Jangan sekali-kali membuat orang tua menangis, karena ridha orang tua adalah pangkal kesuksesan hidup saudara. Doa ibu pasti dikabulkan Allah tetapi murka ibu adalah murka Allah juga,” jelasnya.

Jumlah lulusan yang dilantik kali ini sebanyak 1359 orang terdiri dari lulusan Sarjana 1108 orang, magister (143), Program Profesi Dokter (84), program profesi akutansi (11) dan program doktor sebanyak 13 orang. Lulusan terbaik dengan IPK tertinggi 3,98 diraih lulusan program Sarjana (S1), Dinnanda Yussepina Wulansari dari Fakultas MIPA.

Sementara itu, lulusan tercepat diraih Alifia Erianti dari prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan masa studi 3 Tahun 4 Bulan 21 Hari. Sedangkan lulusan termuda, Muhamad Adnan dari prodi Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang lulus menjadi sarjana dalam usia 20 tahun 11 bulan 21 hari. (Feari/Wiwit)

Translate »