Phone (022) 420 3368 ext. 109 ||

Follow Us

  /  Berita   /  1243 Orang Lulus USM dan PMDK Unisba Tahap I

1243 Orang Lulus USM dan PMDK Unisba Tahap I

HUMAS-Sebanyak 1243 orang dari 2709 peserta berhasil lulus dalam Ujian Saringan Masuk (USM) dan PMDK Unisba periode I  tahun akademik 2017/2018. USM diselenggarakan dua hari (psikotes dan tes akademik) yakni 18-19 Maret 2017 lalu di kampus Unisba, Jl. Tamansari Bandung. Mereka yang memilih Fakultas Kedokteran, Psikologi, Farmasi, Ilmu Komunikasi, Ekonomi Manajemen, dan Ekonomi Akuntansi terlebih dahulu harus mengikuti Psikotes yang diikuti  tes akademik pada hari kedua, melipui PAI, Bahasa Inggris, IPS/IPA/IPA terpadu/Biologi Kedokteran. Sedangkan bagi yang memilih Fakultas Syariah (Hukum Keluarga Islam dan jurusan Keuangan dan Perbangkan Syariah), Dakwah/Komunikasi Penyiaran Islam, Tarbiyah, Hukum, MIPA/Matematika/Statistika, dan Ilmu Ekonomi hanya mengikuti tes akademik saja (tanpa psikotes).

Sementara itu untuk jalur masuk PMDK/jalur raport, Unisba menentukan jumlah nilai raport beberapa mata pelajaran di SMA yang harus dipenuhi. Bagi mereka yang berminat masuk melalui jalur Presentasi, harus melampirkan sertifikat prestasi (juara) tingkat provinsi. Sedangkan bagi mereka yang hafiz (hafal Qur’an) harus menyertakan sertifikat hafiz dan mengikuti tes hafiz. PMDK Unisba pada penerimaan calon mahasiswa periode I ini dibuka untuk semua fakultas.

Beberapa program studi yang ada di Unisba masih menjadi favorit calon mahasiswa yakni Fakultas Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Fakultas MIPA Jurusan Farmasi. Hal ini sesuai dengan hasil survey majalah Tempo tahun 2015 yang menyebutkan, fakultas yang ada di Unisba tersebut menjadi pilihan terfavorit siswa SMA di Jawa Barat.

Rektor Universitas Islam Bandung, Prof.Dr.dr.,M. Thaufiq S. Boesoirie,MS.,Sp. THT., KL (K) mengungkapkan, tingginya animo masyarakat untuk memasukkan putera-puterinya ke Unisba tentu didasari dengan penilaian yang positif terhadap kualitas pendidikan Unisba.  “Secara nasional berdasarkan penilaian  Kemenristekdikti Unisba berada di posisi 32 dari 3200 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Terimakasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan pendidikan putera-puterinya kepada kami, dan kami mohon maaf kepada mereka yang belum bisa kami terima di periode satu ini,” jelas Rektor.  

Hasil tes selengkapnya diumumkan Jum’at, 24 Maret 2017 melalui website PMB Unisba, dan di kampus (papan pengumuman di Sekretariat PMB/Gedung FK baru). Bagi mereka yang lulus bisa mencetak “Keterangan Lulus” sendiri dengan mengakses http://pmb.unisba.ac.id dan menggunakan username dan password yang telah dimiliki. Registrasi (daftar ulang) bisa dilakukan mulai 27 Maret hingga 28 April 2017. Bagi ,mereka yang belum sempat mendaftar atau yang belum berhasil lulus pada seleksi periode I, kami membuka kesempatan untuk mendaftar di periode II yang sudah dimulai sejak 20 Maret hingga 1 Juni mendatang.(sari)

 

Translate »