Fakultas

Program Sarjana (S1)

- Fakultas Syariah

Fakultas Syari’ah merupakan fakultas tertua di antara sepuluh Fakultas yang ada di Unisba saat ini, didirikan pada tahun 1958. Kelahirannya didorong oleh kebutuhan masyarakat Jawa Barat akan adanya Perguruan Tinggi Islam yang dapat melahirkan insan-insan berkepribadian Islami. Semakin meningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap ajaran islam, dibutuhkan manusia-manusia yang mampu memahami ayat-ayat allah; baik Qur’aniyah maupun Kauniyah dan mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

 

Fakultas Syari’ah sebagai lembaga pendidikan tinggi senantiasa berupaya mengimbangi tuntutan tersebut di samping tetap mementingkan pembinaan kepribadian dalam menyiapkan segala sarana dan prasarana yang memadai untuk mencapai tujuan

 


- Fakultas Dakwah

Fakultas Dakwah pada awalnya bernama Fakultas Ushuluddin didirikan pada tahun 1961. Pendirian Ushuluddin ini didasarkan pada pemikiran bahwa pendalaman dan pengembangan Agama Islam merupakan tugas suci sepanjang masa dan juga dilandasi oleh kebutuhan umat untuk menyiarkan Islam secara tepat dan efektif.

 

Pada tanggal 30 Mei 2005, melalui SK Rektor Unisba Nomor : 045/D.05/SK/Rek/V/2005, Fakultas Ushuluddin diubah menjadi Fakultas Dakwah

 

 

- Fakultas Tarbiyah & Keguruan

Fakultas Tarbiyah berdiri pada tahun 1962. Pada perkembangannya Fakultas Tarbiyah terus mendapat kepercayaan masyarakat dan pemerintah. Dengan Surat Keputusan Menag Republik Indonesia No. 29/1966 tanggal 21 Mei 1966, Fakultas Tarbiyah mendapat status Diakui untuk Program Sarjana Muda dan Status Terdaftar tingkat Program Sarjana melalui SK Menag No. 63/1982. Kemudian setelah dijalankan sistem SKS, melalui SK Menag No. 44/1988 tanggal 11 Maret 1988 Program S1-nya berstatus Diakui. Akhirnya status Disamakan diperoleh Fakultas Tarbiyah tanggal 13 September 1990 melalui SK Menag RI No. 225 tahun 1990.

 

Seiring bergulirnya Program Akreditas BAN PT, dengan Surat Keputusan BAN PT Nomor : 02984/AK-2-III-018/UIBPBI/VII/2000, tanggal 21 Juli 2000, terakreditasi dengan predikat B. Pada tahun 2005 memperoleh kembali Akreditasi BAN PT melalui SK Nomor : 017/BAN-PT/Ak-IX/S1/X/2005.

 

Pada tahun 2002, melalui SK Kopertis Nomor : 230/KOP/II/S/2002 Fakultas Tarbiyah membuka Diploma Dua (D2) Pendidikan Pra Sekolah (PGTK). Pada tahun 2005 Program D2 ditutup seiring lahirnya Undang-Undang Guru dan Dosen yang mempersyaratkan Calon Guru Minimal memiliki kualifikasi Sarjana (S1) dan atau Diploma empat (D4).

 

Berdasar pada Surat Edaran Dirjen Binbaga Islam Departemen Agama Nomor : E.III/PP.02.3/A2. 771/99, sejak tahun 2004 Fakultas Tarbiyah membuka dan menyelenggarakan Program Akta Mengajar atau Program Akta IV.

 

Mulai tahun akademik 2006/2007 bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Penataran Guru Tertulis membuka Program Akreditasi hasil penataran P3GT bagi guru-guru Agama Islam

 

PG-PAUD

 

Usia dini merupakan golden age (usia keemasan) dan sangat kuat pengaruhnya pada perkembangan usia selanjutnya. Periode ini begitu berharga bagi proses pembentukan fondasi kepribadian yang mulia. Nabi Muhammad SAW. bersabda, "Akrimu auladakum-muliakanlah anak- anakmu" (HR. Ibnu Majah).

 

Dari perspektif pembangunan nasional, anak merupakan potensi sumber daya insani. Karenanya, pembinaan dan pengembangannya harus dimulai sedini mungkin sehingga optimal bagi pembangunan bangsa dan negara. Pelaksanaan pembinaan kesejahteraan anak, termasuk pemberian kesempatan untuk mengembangkan haknya, tidak saja merupakan tanggung jawab orangtua, keluarga, bangsa, dan negara melainkan diperlukan pula kerjasama internasional. Itulah sebabnya, pemerintah Republik Indonesia telah meratifikasi Convention on The Rights of The Child (Konvensi tentang Hak-hak Anak) sebagai hasil Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

 

Perhatian terhadap Pendidikan Anak Usia Dini belakangan ini meningkat begitu pesat, terlihat dari bermunculannya lembaga-lembaga PAUD di masyarakat. Hal ini perlu direspons dengan penyediaan pendidik-pendidik PAUD profesional yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Itulah sebabnya, Universitas Islam Bandung mulai Tahun Akademik 2013/ 2014, membuka Program Studi SI Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD).

 

VISI Menjadi Prodi. PG-PAUD terkemuka, termaju, dan profesional dengan spirit mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), dan mujaddid (pembaharu)

 

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan untuk menghasilkan tanaga guru/pengolola/ Tutor/Peneliti PAUD profesional dan Islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang PAUD
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang PAUD

Tujuan

  1. Menghasilkan guru/pengelola/tutor PAUD yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, professional dan berakhlakul karimah
  2. Menghasilkan guru/pengelola/tutor yang kreatif dan inovatif sesuai syariat Islam dalam bidang PAUD
  3. Menghasilkan guru/pengelola/tutor PAUD yang berjiwa mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), dan mujaddid (pembaharu).
  4. Menghasilkan guru/tutor PAUD yang siap menjadi agent of social change untuk menata kehidupan Islami di lingkungan PAUD formal dan non-formal
  5. Menghasilkan guru/tutor PAUD yang siap bekerja dan berjiwa entrepreneur serta siap melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

 

 

- Fakultas Hukum

Fakultas Hukum berdiri tahun 1971. Pada tahun 1973 memperoleh status Terdaftar Tingkat Sarjana Muda, dengan Surat Keputusan Menteri P&K Nomor : 67/POT/B/1973, dan pada tahun 1981 dengan Surat Keputusan Menteri P&K Nomor : 01/O/1981 memperoleh status Terdaftar.

 

Pada tanggal 6 Agustus 1986, Program Studi Hukum Keperdataan, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara memperoleh status diakui, berdasarkan Surat Keputusan Menteri P dan K Nomor : 0545/0/1986, kecuali untuk Program Studi Hukum Internasional statusnya masih Terdaftar. Setelah mengalami perkembangan lebih lanjut, baik dilihat dari jumlah mahasiswa, jumlah lulusan lokal maupun negara, jumlah dosen tetap, dan upaya mengangkat beberapa Guru Besar Tetap, pada tahun 1990 Jurusan Hukum Keperdataan memperoleh status Disamakan berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 0514/0/1990, dan Jurusan Hukum Internasional memperoleh Status Diakui berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0550/0/1990.

 

Selanjutnya Jurusan Hukum Pidana memperoleh status Disamakan pada tahun 1991 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0677/0/1991. Kemudian pada tahun 1992 Jurusan Hukum Tata Negara dan Jurusan Hukum Internasional memperoleh status Disamakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen P&K Nomor : 171/D/1992.

 

Bersamaan dengan penghapusan Program Jurusan di lingkungan Fakultas Hukum dan Sekolah Tinggi Hukum pada umumny, pada tanggal 3 Pebruari 1994 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen P&K Nomor : 062/DIKTI/Kep/1994, Fakultas Hukum Unisba memperoleh Status Disamakan untuk satu Program Studi “Ilmu Hukum”

 

Pada tanggal 29 Mei 2000 Fakultas Hukum memperoleh akreditasi B berdasarkan BAN-PT DEPDIKNAS RI Nomor : 007/BAN-PT/Ak.IV/V/2000, pada tanggal 30 September 2005 memperoleh akreditasi A berdasarkan BAN-PT DEPDIKBUD RI Nomor : 016/BAN-PT/Ak-IX/S1/IX/2005

 


- Fakultas Psikologi

Fakultas psikologi didirikan pada tahun 1971. Pada tanggal 1 April 1973 diterbitkan Surat Ketetapan status Terdaftar untuk Program Sarjana Muda Psikologi. Adapun Pimpinan Fakultas yang pertama adalah Dr. Zakiah Darajat.

 

Tanggal 9 April 1992 Fakultas Psikologi mendapat status Diakui untuk jenjang Program S1 (SK Mendikbud Nomor : 120/DIKTI/KEP/1992). Status Disamakan untuk Program Studi Psikologi jenjang Program S1 diperoleh Fakultas Psikologi pada tanggal 10 Maret 1994 melalui SK Nomor : 74/DIKTI/KEP/1994.

 

Tahun akademik 1997 Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi, pada tanggal 17 Nopember 1997 telah terakreditasi dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 78/D/O/ 1997. Pada Pengajuan terakhir untuk evaluasi ulang, mendapat klasifikasi nilai A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor : 035/ BAN-PT/Ak-VII/S1/VIII/2004 tertanggal 25 Agustus 2004

 


- Fakultas MIPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan fakultas yang menaungi ilmu matematika dan pengetahaun alam diantaranya Statistika, Matematika, dan Farmasi. Pembentukan Fakultas MIPA di Universitas Islam di Universitas Islam Bandung merupakan salah satu bentuk perwujudan rasa tanggung jawab moral para pendirinya agar ilmu matematika dan pengetahaun alam dapat ditumbuhkembangkan.

 

Atas dasar rasa tanggung jawab dan cita-cita tersebut, pada tahun 1972 didirikan Fakultas Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam (FIPPA), yang kini dinamakan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan Program Sarjana Muda untuk Jurusan Statistika. Untuk Program Strata Satu (S1) dibuka tahun 1984, dan memperoleh status Disamakan tahun 1992

 


- Fakultas Teknik

Pada tahun 1970 indikasi kebutuhan tenaga perencanaan semakin meningkat, yaitu dengan dikembangkannya berbagai program latihan perencanaan daerah dan kota jangka pendek yang dibina intensif oleh beberapa departemen yang bekompeten.

 

Berdasar atas kebutuhan tenaga perencanaan tersebut, pada tahun 1970 Unisba mendirikan Faculty of Community Development Engineering (FCDE), dan pada tahun 1974 menjadi Fakultas Teknik Pembangunan Masyarakat (PTPM) yang ditekankan pada disiplin Ilmu Planologi Desa. Sejak tahun 1979 dikembangkan menjadi 3 jurusan yaitu jurusan Planologi Desa, Teknik Industri, dan Jurusan Tambang Rakyat

 


- Fakultas Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Komunikasi merupakan pengembangan dari Akademi Sinematografi yang didirikan pada tanggal 5 Januari 1976, berada di bawah Yayasan Lembaga Pendidikan Muslimin Bandung. Sejak tanggal 1 Juni 1979, sesuai kebijakan Pemerintah dalam hal ini Kopertis Wilayah IV Jawa Barat, akademi ini pindah ke Unisba di Jalan Tamansari No.1 Bandung. Berdasarkan keputusan Menteri P dan K tanggal 26 Juni 1982 Nomor ; 0211/U/1982 Akademi Sinematografi dikembangakan menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi dan memiliki tiga jurusan, yaitu :

 

  1. Jurusan Jurnalistik;
  2. Jurusan Hubungan Masyarakat;
  3. Jurusan Penerangan.

 

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Nomor : 0223/Ut/1995, telah ditetapkan Kurikulum Nasional untuk Program Sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, termasuk didalamnya Program Studi Ilmu Komunikasi.

 

Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, Ilmu Komuniksi merupakan satu disiplin ilmu/program studi sehingga sejak tahun 1998, ketiga jurusan yang ada di fakultas Ilmu Komunikasi (Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, dan Penerangan) diubah menjadi Bidang Kajian Ilmu Jurnalistik, Ilmu Hubungan Masyarakat, dan Manajemen Komunikasi.

 

Program Studi Ilmu Komunikasi pada tahun 1997 dinyatakan terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 78/D/O/1997 tanggal 17 Nopember 1997 dengan kategori B dan melalui keputusan Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 017/Ban-PT/Ak-VII/S1/V/2004 tanggal 7 Mei 2004 akreditasi Fakultas Ilmu Komunikasi meningkat menjadi predikat A

 

 

- Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi didirikan pada tanggal 9 Juli 1979, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 092/0 /1981 tanggal 24 Pebruari 1981, Fakultas Ekonomi memperoleh status Terdaftar untuk dua jurusan, yaitu Manajemen dan Akuntansi

 


- Fakultas Kedokteran 

Fakultas kedokteran berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 4224/D/T/2004 pada tanggal 27 Oktober 2004 tentang izin operasional Program Studi Kedokteran Dasar Unisba. Kegiatan akademik berjalan dengan Pembina Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.  Pada tahun 2008 mendapatkan Akreditas C sesuai dengan SK BAN PT Depdiknas Nomor: 020/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008 tanggal 29 Agustus 2008. dan Pada tahun 2014 mendapatkan Akreditasi B.

 

 

Program Pascasarjana (S2)

Ilmu Hukum

Manajemen Pendidikan Islam

Magister Psikologi

Manajemen

Ilmu Komunikasi

 

Program Doktor (S3)

Ilmu Hukum